People Innovation Excellence

Dampak Buruk Media Sosial yang Tidak Kita Sadari

Penggunaan media sosial pada zaman sekarang sudah sangat populer di semua kalangan. Mulai dari kaum muda hingga tua pun turut menggunakan media sosial. Kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan media sosial pun beragam, seperti mencari berita terbaru, berinteraksi dengan teman, hingga mencari hiburan semata. Tetapi semakin lama orang semakin kecanduan dalam menggunakan media sosial. Sehingga mereka tidak menyadari bahwa sebagian besar aktivitasnya sehari-hari hanya untuk memperhatikan media sosial.  Berikut adalah beberapa dampak buruk dari media sosial yang tidak kita sadari telah kita lakukan:

  • Membuang waktu yang sangat berharga

Membuang-buang waktu adalah yang sering kita lakukan akibat terlalu sering memperhatikan media sosial. Ketika terpaku di depan smartphone hingga berjam-jam, kita melupakan kegiatan yang seharusnya bisa diselesaikan sesegera mungkin, atau mungkin kita melewatkan waktu bersama dengan orang-orang terdekat

  • Melupakan kewajiban yang seharusnya dikerjakan

Setiap orang memiliki peran dalam kehidupannya yang di dalamnya terdapat kewajiban yang harus ia penuhi. Kecanduan pada media sosial seringkali membuat seseorang mengabaikan dan melupakan kewajibannya. Misalnya, seorang karyawan yang lebih sibuk memperhatikan media sosialnya daripada pekerjaannya dan seorang mahasiswa yang tidak memperhatikan dosen di kelas karena terlalu terpaku kepada media sosialnya.

  • Menurunnya Kesehatan

Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan menurunnya kesehatan. Jika kita sadari, setelah kita menggunakan media sosial melalui gadget dengan jangka waktu yang lama dapat membuat kita susah tidur dan akan mengakibatkan sistem tubuh kita tidak bisa beristirahat dengan baik. Lalu, saat jatuh sakit, kita tidak bisa melakukan aktivitas yang lainnya.

Bagaimana? Sangat disayangkan apabila penggunaan media sosial yang berlebihan membuat aktivitas kita sehari-hari tidak bermanfaat baik bagi diri kita maupun orang di sekeliling kita. Maka gunakanlah media sosial secara bijak dan tidak perlu berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. (CW)

By: Chaerunnisa Wulandari


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close