People Innovation Excellence

Press Release 101

Mungkin banyak dari kita yang sering mendengar kata  press release. Tapi apa sih sebenarnya press release itu? Apa pula fungsi press release bagi perusahaan? Sederhananya, press release adalah pernyataan resmi yang diberikan oleh organisasi atau perusahaan kepada para media. Tujuan utama dari press release adalah penyebaran informasi mengenai perusahaan tersebut agar masyarakat mengetahui tentang  apa  yang sedang terjadi di organisasi tersebut. Biasanya, press release disebarkan jika ada event, pengumuman penting dari perusahaan misalnya pergantian pemimpin perusahaan, launching produk baru, dsb. Di perusahan sendiri, yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan press release biasanya adalah bagian Public Relations, Humas, atau Corporate Secretary.

Disadur dari buku Think Public Relations, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum membuat press release:

  1. What is the key message?

Sebelum membuat press release, penting sekali untuk menentukan apa pesan utama yang akan kita sampaikan kepada publik. Biasanya key message hanya ada satu poin saja, karena jika terlalu banyak key message yang ada di sebuah release, maka audience akan bingung menentukan focus dari pesan tersebut.

  1. Who is the primary audience?

Siapa yang akan menjadi target audience kita? Misalnya target audience kita adalah mahasiswa SMA, tentu press release yang akan kita kirimkan adalah media yang audiencenya adalah anak SMA.

  1. What objective does the release serve?

Apa tujuan dari press release tersebut. Karena berbeda tujuan beda pula cara penyampaian dari release yang akan dibuat tersebut.

Nah, karena press release ditujukan kepada media, maka cara menulisnya juga harus sesuai dengan pendekatan jurnalistik, yaitu menggunakan piramida terbalik. Dimana pada paragraf  awal dijelaskan terlebih dahulu tentang apa, siapa, kapan,  dimana, dan bagaimana kejadian atau kegiatan yang akan disebarkan melalui release tersebut.  Paragraf selanjutnya akan menjadi pendukung paragraf utama.

Selamat mencoba membuat press release! (YS)


Published at :
Written By
Yuanita Safitri
SCC Corporate PR | Communication Dept.
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close