Bekerja sebagai seorang intern dalam Divisi Public Relations & Event PT. Tokopedia, memberikan banyak sekali kesempatan dan pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan dalam hidup saya. Kewajiban yang diberikan oleh Universitas Bina Nusantara kepada Jurusan Marketing Communication untuk melaksanakan track 3+1, membawa saya pada track Internship (magang), dimana saya melakukan magang selama hampir 5 bulan di PT. Tokopedia, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Banyak sekali hal positif dan menyenangkan saya alami, baik dalam melakukan pekerjaan maupun hal – hal diluar pekerjaan seperti pergaulan dengan sesama rekan kerja, kegiatan – kegiatan yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, dan juga pengalaman tentang bagaimana kehidupan dunia kerja yang sebenarnya di sebuah kantor, yang tentunya tidak dapat saya alami dan pelajari di bangku kuliah.

Pekerjaan utama saya sebagai intern di Public Relations adalah melakukan kegiatan Media Monitoring setiap harinya. Media Monitoring yang saya lakukan adalah dengan membaca berita dari berbagai media cetak dan online. Media cetak adalah berbagai surat kabar yang dikirimkan ke kantor setiap paginya, sedangkan media online adalah semua situs – situs yang memuat berita yang terkait dengan Tokopedia dan beberapa e-commerce lainnya sebagai kompetitornya. Jika saya menemukan berita di media – media tersebut terkait dengan Tokopedia ataupun beberapa perusahaan competitor seperti Bukalapak, Elevenia, Lazada, OLX, Blibli, dan MatahariMall, saya bertugas untuk mendata berita – berita tersebut serta membuat ringkasannya, dan kemudian dimasukkan ke dalam sebuah Google Docs sebagai arsip perusahaan. Setiap bulannya, bagian Data Analyst akan menganalisa berita – berita tersebut untuk mengetahui perkembangan e-commerce dan membantu perusahaan dalam mengambil kebijakan yang sesuai dengan mempertimbangkan sisi pemberitaan media.

Selain Media Monitoring, saya juga pernah menemani Media Visit dari NET TV. Mengetahui bagaimana seluk – beluk peliputan media, serta cara membuat liputan yang baik, menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Selain itu, Tokopedia juga memberikan saya kesempatan untuk menjadi MC dan PIC Office Tour dalam Visit Tokopedia dari berbagai sekolah, universitas, institusi, hingga perusahaan. Saya juga sempat terlibat dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Tokopedia, yaitu ‘Tokopedia Beraksi’ pada 19 kota secara serempak di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Komunitas Nasional, Hari Pahlawan, dan Hari Sumpah Pemuda. Semua kegiatan tersebut membuat saya merasa sangat senang dan menambah pengalaman serta pengetahuan saya.