Saya Misyell Efendy yang merupakan mahasiswa Binus University dengan jurusan Marketing Public Relations. Saya telah mendapatkan tugas untuk menjalani program internship  3+1 selama kurang lebih enam bulan di PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS) yang merupakan suatu perusahaan jasa yang bergerak dibidang IT software yang berlokasi di Ruko Permata Regency C – 23, Kelapa Dua, Jakarta Barat. Posisi yang saya dapatkan di perusahaan yaitu sebagai Sales & Marketing Intern.

Beberapa tugas yang harus di jalani selama melakukan internship 3+1 di PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS) yaitu mulai dari mencari calon klien & menjalin hubungan baik dengan klien, membuat quotation atau surat penawaran harga untuk klien, mendatangi perusahaan calon klien, mengisi konten website milik PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS), membuat slide presentasi untuk disampaikan kepada calon klien PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS), menjalankan tugas sebagai digital marketing sekaligus mampu melakukan branding. Tugas yang paling menonjol selama saya menjalankan intership 3+1 di PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS) yaitu membuat konten menarik untuk di posting melalui social media milik PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS), tidak hanya melalui social media namun juga pada website milik di PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS). Branding pada website itu dilakukan dengan menyampaikan pesan secara singkat melalui video yang berisi penjelasan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS), hal ini bertujuan untuk menciptakan branding yang kuat agar mampu diterima oleh masyarakat dan mampu memberikan feedback positif kepada PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS).

Selama kurang lebih enam bulan saya menjalankan internship 3+1 banyak hal positif dan menyenangkan yang saya dapatkan.  Hal pertama yang saya dapatkan yaitu langsung terjun ke dunia bekerja dengan bertemu orang-orang baru yang merupakan calon klien dari PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS). Dengan begitu saya mampu mengasah kemampuan saya dalam berkomunikasi sesuai dengan teori yang telah disampaikan pada saat perkuliahan berlangsung. Selain itu saya mampu mempelajari budaya yang ada di kantor dan sangat berbeda dengan budaya sehari-hari di kampus atau di rumah. Saya mendapatkan pelajaran akan bagaimana menjadi seorang karyawan dalam suatu perusahaan, bagaimana rasanya mengerjakan project dan bagaimana rasanya terjun langsung dalam project. Hal penting lainnya yang saya dapatkan yaitu, saya mampu menemukan cara untuk menyelesaikan masalah  pekerjaan yang ada dengan lebih efisien.  Dan tentunya berada di perusahaan yang terdiri dari beberapa karyawan yang ramah dan saling membantu satu dengan lainnya merupakan hal yang menyenangkan bagi saya karena telah menjadi bagian dari PT. Toba Cahaya Semesta atau Toba Consulting Service (TCS).