Komunikasi merupakan salah satu faktor yang penting di dunia kerja. Tanpa komunikasi yang baik, koordinasi akan sulit untuk dilakukan. Jika koordinasi kurang lancar, maka pekerjaan akan sulit untuk diselesaikan dengan baik. Komunikasi yang efektive akan terlaksana jika kedua belah pihak yang berkomunikasi memiliki makna yang sama tentang pesan yang disampaikan.

Ada beberapa keuntungan yang dapat kita ambil dari komunikasi yang efektive. Pada artikel kali ini, kita akan membahas empat (4) diantaranya:

  • Productivity Improvement

Komunikasi akan mempemudah koordinasi, sehingga dengan komunikasi yang efektif biasanya para employees akan menjadi semakin produktif. Produktifitas yang baik, pada akhirnya akan menguntungkan bagi organisasi.

  • Increase Employee Job Satisfaction

Kepuasan kerja karyawan itu tidak hanya dilihat dari seberapa besar gaji yang mereka dapatkan di tempat kerja. Namun dengan komunikasi yang baik, karyawan tentu akan semakin betah bekerja di perusahaan tersebut. Tidak hanya itu saja, karyawan juga akan semakin engage dengan organisasi tempat mereka bernaung.

  • Embrace Diversity and Tolerance

Dengan beragamnya bahasa serta kebudayaan, tentu dibutuhkan komunikasi yang efektif agar para karyaan bisa saling memahami satu sama lainnya. Komunikasi yang efektif juga akan membuat para karyawan menjadi semakin mengahargai perbedaan yang ada, sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman.

  • Productive Team B
    uilding

Koordinasi kerja yang lancar, suasana kerja yang nyaman, serta karyawan yang semakin menghargai satu sama lainnya, akan memudahkan membangun tim kerja yang baik. Ini membuktikan bahwa dengan memahami serta mempraktekkan komunikasi yang efektif, organisasi akan semakin berkembang (YS).