People Innovation Excellence

Culture Shock? Apa sih itu?

Culture shock, atau gegar budaya merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan terkejut, gelisah, keliru  yang dirasakan apabila seseorang bersentuhan dengan kebudayaan yang berlainan sama sekali, seperti ketika berada di negara asing. Perasaan ini timbul akibat adanya perbedaan dan kesukaran dalam beradaptasi dengan budaya baru. Gegar budaya dapat mencakup aspek yang ada di kehidupan sehari-hari seperti makanan, cara berpakaian, harga barang, dll. Semakin berbeda budayanya, semakin parah efek yang ditimbulkan.

Orang yang sering bepergian cenderung dapat lebih baik dalam menghadapi gegar budaya. Cara berikut dapat dilakukan untuk membantu seseorang mengatasi gegar budaya :

-Mencari tahu mengenai negara dan budaya yang ada di negara tersebut. Dengan cara ini, kita akan dapat lebih memahami perbedaan di negara baru dan mentolerir perbedaan tersebut.

-Berpikir terbuka mengenai budaya yang didatangi.

-Beristirahat dari perbedaan budaya untuk mengurangi rasa asing terhadap budaya baru

Referensi :

Kejutan budaya. https://id.wikipedia.org/wiki/Kejutan_budaya

http://www.kompasiana.com/hildafaridaarifin/culture-shock_55192dcaa33311b615b6591b

Penulis : Edwina Ayu Kustiawan

Editor   : Gayes Mahestu


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close