People Innovation Excellence

Broadcasting Dulu dan Sekarang

Headphones silhouette against On-Air sign symbolising a podcast broadcast.

Broadcasting atau penyiaran, merupakan suatu bidang profesi yang bergelut di bidang industri kreatif, televisi dan radio. Dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, dunia broadcast di Indonesia sudah mulai lebih dikenal oleh masyarakat. Mungkin di Indonesia peminat dunia broadcast baru mengalami pertumbuhan, namun diluar sana, broadcast merupakan suatu bidang profesi yang sudah lumrah diketahui masyarakat dan bahkan menjadi bidang profesi idaman.

Broadcasting selalu lekat dengan kreativitas. Seorang pekerja broadcast dituntut untuk memiliki ide-ide baru yang unik dan dapat menarik perhatian penonton. Pekerja broadcast juga dikenal dengan sifatnya yang fleksibel dan menyenangkan. Hal ini juga yang kemudian menjadi daya tarik orang-orang yang memang memiliki minat dalam bidang broadcast.

Jika dulu masyarakat hanya mengenal segelintir istilah mengenai broadcast, kini masyarakat memiliki lebih banyak pengetahuan mengenai profesi-profesi di bidang broadcast. Sebut saja MC, presenter, produser, camera person, radio announcer, dll. Munculnya media-media baru juga menyebabkan pertumbuhan minat broadcast pada masyarakat karena media-media yang baru bermunculan pasti membutuhkan tenaga broadcast untuk mendukung kinerja mereka.

Profesi broadcast ini juga mengutamakan kemampuan dan kecakapan seseorang dalam berkomunikasi dengan rekan dan tim kerjanya.t Hal ini merupakan awal tumbuhnya benih kepemimpinan karena salah satu ciri seorang pemimpin adalah berani mengemukakan pendapat di depan publik.

Pendidikan broadcast yang melibatkan pengetahuan teknologi dibutuhkan oleh calon pekerja broadcast agar nantinya dapat mengikuti tempo dan budaya kerja para broadcaster di dunia kerja sesungguhnya. Untuk itu, diperlukan pendidikan yang tepat untuk membekali para calon perkerja broadcast demi menghasilkan karya-karya yang kreatif dan inovatif.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close