People Innovation Excellence

Seni Persuasi dalam Public Speaking

Persuasi dalam ilmu komunikasi dianggap sangat penting karena akan mempengaruhi pencapaian dari tujuan komunikasi itu sendiri, maka dari itu banyak kajian – kajian, penelitian, dan buku – buku yang membahas secara khusus mengenai persuasi.

Komunikator atau dalam kasus ini adalah pengamen, ketika berbicara persuasi salah satu yang menentukan keberhasilan suatu bujukan adalah dengan memperhatikan hubungan emosional, etika dan kredibilitas pembicara. Ini sama halnya dengan pandangan Aristoteles terkait cara merubah pemikiran seseorang yakni dengan Ethos (kredibilitas), Pathos (emosional) dan Logos (logis).

persuasi-compress

Secara singkat Ethos merupakan kredibilitas, pembicara harus menunjukan sebagai seseorang yang berintegritas dan karakter yang baik. Pathos menarik bagi emosi pendengar, berusaha untuk membuat mereka senang atau membangkitkan minat mereka. Logos berfokus pertama pada argumen, menggunakan logika dingin dan penjelasan yang rasional, serta bukti nyata. (GM)

Jika ingin mempengaruhi orang lain kuasailah seni persuasi

Disarikan dari buku : Lucas, Stephen E. 2011. The Art of Public Speaking. ed 11. McGraw-Hill Companies. New York.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close