image1 (2)
Ibu Petty S. Fatimah, Editor in Chief Majalah Femina berbagi informasi tentang peran media cetak dalam pengembangan komunitas di tengah kemajuan digital dalam acara PR Engagement: Sharing Experience Through Pentahelix Synergy, 3 September 2015 di Hotel Royal Panghegar, Bandung.

Sebelum ada teknologi digital, salah satu cara media dalam memetakan pembaca berdasarkan demografi berdasarkan usia dan profesi. Namun saat ini, pemetaan menjadi lebih kompleks, yaitu berdasarkan populasi dan pertumbuhannya, trend pasar, dan peluang bisnis.

Sesudah data diperoleh dan dianalisa, kemudian dilakukan observasi lapangan, dan diskusi dengan para stakeholder.

Saat ini ada tujuh tipe komunitas berdasarkan hasil pemetaan versi Femina, yaitu food lover, woman leadership network, wanita wirausaha, fashionista, fashion hijab, traveler, dan writer club.

Di tengah banyaknya kelompok komunitas ini tiga peran penting media cetak adalah mengaktifkan kegiatan komunitas, memfasilitasi kegiatan komunitas, dan meneruskan informasi dan segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan komunitas pada publik. (MAW)