People Innovation Excellence

Anies Baswedan: Jurnalisme harus jaga perasaan

photo (14)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan menyoroti pentingnya citizen journalism atau jurnalisme warga dalam pengawasan pembangunan. Hal tersebut disampaikan Anis dalam diskusi yang diadakan di ICE Palace Jakarta hari Sabtu, 29 Agustus 2015. Anies menegaskan saat ini pembangunan sudah menggunakan system desentralisasi termasuk di kementrian yang dipimpinnya. Dana pendidikan yang dianggarkan pemerintah sudah cukup besar yaitu 20% dari total APBN namun dana tersebut langsung disalurkan ke daerah. Menurut Anis implementasi dari anggaran tersebut yang perlu diawasi di daerah. Dana sisa anggaran yang selalu besar menunjukkan pembangunan tidak berjalan sesuai rencana.

Anies mengapresiasi pemberitaan untuk mengkritisi pemerintah mengenai pembangunan infrastruktur, namun Anies menyarankan agar pemberitaan juga menjaga perasaan sehingga tidak menghilangkan potret besar akan fakta. Anis mencontohkan pemberitaan mengenai cerita sukses akan bermanfaat untuk mendorong keberhasilan siswa.

Di era digitalisasi warga dengan mudah melawan penguasa dan kehilangan rasa takutnya. Namun tantangan ke depan adalah bagaimana jurnalis warga bisa mendapatkan trust.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close