fX-Sudirman-08foto: snipview.com

Sejak 23 Februari 2015 lalu Fanny Febriani menjalankan program Internship (3 +1)  di PT. Plaza Lifestyle Prima, management office  Mall fX Sudriman. Program Internship ini berlangsung selama empat bulan dan berakhir pada 26 Juni 2015.

Selama menjalani program magang, Fanny  ditempatkan pada  divisi event and marketing communication. Pekerjaan  difokuskan pada kegiatan event Grand opening Eat and Eat di fX Sudirman, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga pembuatan laporan evaluasi event. Untuk event tersebut, Fanny bertugas mengirim invitation untuk sejumlah media, komunitas, dan rekan corporate fX Sudirman dan mengkonfirmasi kehadiran seluruh undangan, menyiapkan goodie bag, buku tamu, dan konsumsi.

Saat pelaksanaan event,  peserta internship  ditugaskan mengontrol jalannya acara, melakukan live report  yang dimuat pada  sosial media, dan menyambut tamu. Untuk Evaluasi Event, Fanny mendapat  tugas media monitoring. Ketika melakukan media monitoring untuk laporan perkembangan sosial media fX Sudirman dan publisitas event yang diselenggarakan oleh fX Sudirman dan menemukan media value.

Dalam mengelola media sosial fX Sudirman (twitter, path, instagram, facebook), Mahasiswa internship membuat konten yang menarik dengan foto-foto produk dari  tenant.  Kemudian diedit dengan pengaturan warna yang cerah dan angle foto yang baik sehingga menjadi eye-catching.

Tugas lainnya yang diberikan adalah mengurus produksi materi publikasi untuk program diskon yang diadakan fX Sudirman di setiap akhir bulan. Pada program PAYDAY Super Deal tersebut peserta internship bertugas mencetak dan mendistribusikan materi publikasinya ke sejumlah media collateral yang ada di fX Sudirman dan ke seluruh media sosial yang ada (path, instagram, twitter, dan facebook.  

Fanny juga bertugas mempublikasikan dan  promosi  event-event  yang diadakan fX Sudirman melalui email blast. Fanny juga diberi kesempatan  hadir  sebagai notulis dalam kegiatan meeting dengan client maupun media partner. Selain itu, peserta internship bertugas mengurus pembuatan buku katalog, budgeting untuk promotion, serta membuat surat perjanjian kerjasama antara pihak fX Sudirman dengan para client dan media partner.

Selain menjalankan pekerjaan kantor, peserta internship diajak untuk turut aktif dalam kegiatan rohani yang secara rutin diadakan di management office fX Sudirman. Kegiatan tersebut berlangsung setiap Rabu, dan seluruh karyawan yang beragama nasrani berkumpul dalam salah satu ruangan meeting untuk berdoa, bernyanyi, dan membaca alkitab bersama. Dengan adanya kegiatan ini, para peserta internship  dapat semakin mendekatkan diri dengan karyawan dan para pimpinan fX Sudirman.

Dari kegiatan program magang ini, banyak sekali pengalaman berharga yang didapatkan. Mulai dari belajar membuat Curiculum Vitae secara profesional, menjalankan interview agar diterima bergabung pada sebuah perusahaan, hingga belajar beradaptasi dengan lingkungan baru.

Melalui program internship peserta dapat mempraktekkan seluruh ilmu dan pengetahuan  yang dipelajari selama kuliah di Binus University. Menurut Fanny program internship ini amatlah penting bagi seorang mahasiswa agar memiliki bekal untuk dapat terjun ke dunia kerja, kelak saat Setelah sudah lulus kuliah. (Fanny Febriani Mahasiswa Semester 6 Jurusan Marcomm Binus  Internship di Mal FX Sudirman, Editor: Lidya Wati Evelina, MM/FM SCC Marketing Public Relations)