People Innovation Excellence

Pentingnya Olah Kata dalam Bahasa Jurnalistik

Dr.Virienia                                           Suasana pelatihan jurnalistik di SMA St. Leo

Dua dosen Jurusan Marketing Communication melakukan P2M di SMA ST.Leo, Duri Kosambi, Cengkareng.  Lidya Wati Evelina, MM  dan Dr. Virienia memberikan pembekalan kepada siswa kelas III SMA  mengenai pentingnya memahami penggunaan bahasa dalam program Pengabdian pada Masyarakat (P2M).

Materi pelatihan yang diberikan pada pertemuan Rabu, 19 Agustus 2015 adalah Karakteristik Bahasa Jurnalistik. Penjelasan dibagi ke dalam 3 topik pembahasan. Pertama, pemahaman mengenai Fungsi bahasa yang paling mendasar.  Bahasa  dapat  menjelmakan pemikiran yang menjadi landasan perbuatan dan hasilnya dinilai. Penilaian hasil memengaruhi kembali pemikiran dan menyebabkan pengaruh selanjutnya.

Pembahasan mengenai topic kedua, tentang  karakteristik bahasa Jurnalistik  yang dibedakan menurut medianya seperti  surat kabar, Radio,  televisi dan  media online internet.

Pembahasan yang terakhir mengenai topic ketiga, mengenai  diksi dalam bahasa  Jurnalistik meliputi kata bersinonim , Kata bernilai rasa, Kata konkret, Kata abstrak, Kata umum, Kata khusus dan Kata lugas.

Siswa/I SMA tersebut mendengarkan serius mengenai kisah sukses Public Figure karena penggunaan bahasa mereka yang menarik. Disebutkan  Andi Noya, Helmy Yahya, Mario teguh yang berhasil mengolah kata sehingga mereka menghasilkan banyak uang.

Laporan: Lidya Wati Evelina/FM SCCC Marketing Public Relations


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close