Dr.Virienia                                           Suasana pelatihan jurnalistik di SMA St. Leo

Dua dosen Jurusan Marketing Communication melakukan P2M di SMA ST.Leo, Duri Kosambi, Cengkareng.  Lidya Wati Evelina, MM  dan Dr. Virienia memberikan pembekalan kepada siswa kelas III SMA  mengenai pentingnya memahami penggunaan bahasa dalam program Pengabdian pada Masyarakat (P2M).

Materi pelatihan yang diberikan pada pertemuan Rabu, 19 Agustus 2015 adalah Karakteristik Bahasa Jurnalistik. Penjelasan dibagi ke dalam 3 topik pembahasan. Pertama, pemahaman mengenai Fungsi bahasa yang paling mendasar.  Bahasa  dapat  menjelmakan pemikiran yang menjadi landasan perbuatan dan hasilnya dinilai. Penilaian hasil memengaruhi kembali pemikiran dan menyebabkan pengaruh selanjutnya.

Pembahasan mengenai topic kedua, tentang  karakteristik bahasa Jurnalistik  yang dibedakan menurut medianya seperti  surat kabar, Radio,  televisi dan  media online internet.

Pembahasan yang terakhir mengenai topic ketiga, mengenai  diksi dalam bahasa  Jurnalistik meliputi kata bersinonim , Kata bernilai rasa, Kata konkret, Kata abstrak, Kata umum, Kata khusus dan Kata lugas.

Siswa/I SMA tersebut mendengarkan serius mengenai kisah sukses Public Figure karena penggunaan bahasa mereka yang menarik. Disebutkan  Andi Noya, Helmy Yahya, Mario teguh yang berhasil mengolah kata sehingga mereka menghasilkan banyak uang.

Laporan: Lidya Wati Evelina/FM SCCC Marketing Public Relations