People Innovation Excellence

Internship di Hotel Ternama

 

aston1Bersama Head Director Dr. Ulani Yunus, MM  Head of Departmen Marketing Communication dan HRD Aston Hotel Cirebon ketika melakukan kunjungan ke Aston Cirebon Hotel & Convention Center.

Agnes Nastasya dan Nita Kurniaty, Binusian 2016 jurusan Marketing Communication mengaku senang mengikuti program internship di Aston Hotel & Convention, Cirebon dari 23 Februari – 23 Juni 2015. Menurut pengakuan mereka,  senang  bertemu dengan banyak orang-orang baru yang mendukung selama internship di Aston Hotel Cirebon.

Kedua mahasiswa semester 6 (enam) peminatan Public Relations (PR)  tersebut memang berasal dari kota Cirebon. Dalam internship ini mereka mendapatkan banyak pembelajaran dan pengalaman secara langsung. Menurut mereka beberapa teori dan konsep yang diajarkan di kelas berbeda dengan praktek yang mereka jalani. Di Aston Cirebon Hotel mereka ditempatkan bekerja sebagai Public Relations trainee di bawah pengawasan Public Relations Manager,  Ery Fibriani.

Aston Cirebon Hotel & Convention Center adalah Hotel bintang 4 (empat) yang memiliki fasilitas terlengkap di Cirebon selain Hotel Swiss Bell yang juga berbintang 4 (empat). Hal pertama yang mereka  pelajari di Aston Hotel Cirebon adalah Golden Rules, yang merupakan  peraturan yang dimiliki Archipelago Group. Peraturan itu berisi tugas dan kewajiban PR Aston Hotel yang harus  dilakukan. Tugas seorang PR Hotel diantaranya adalah  melaksanakan Media Relations, Event dan Promosi.

Di Aston Hotel Cirebon mereka belajar menjalin hubungan dengan media, mengadakan kegiatan kerjasama barter untuk kegiatan event dan promosi. PR Aston Hotel Cirebon memiliki hubungan yang sangat baik dengan beberapa media cetak maupun elektronik di Kota Cirebon. Diantaranya merka juga belajar membuat event Aston Rave Night Run untuk menyambut hari jadi Aston Hotel Cirebon yang kedua.

Sesuai jobdesk pekerjaan PR mereka juga diajarkan membuat press release tentang kegiatan promosi Aston Hotel Cirebon. Mereka juga belajar membuat artikel pariwisata di Cirebon yang di-posting di media social Aston Hotel Cirebon.

Setiap hari mereka melakukan rutin  kegiatan sehari-hari yang saya lakukan adalah media monitoring terhadap tiga media cetak yang berbeda guna mencari berita tentang Aston Hotel Cirebon dan Hotel Kompetitor. Setelah itu melakukan klipping terhadap berita tersebut dan menyimpannya secara ter-organisir.

Supervisor juga mengajak  mereka berdua untuk mingle bersama tamu breakfast di pagi hari untuk menanyakan cita rasa makanan dan service yang diberikan. Kritik dan saran yang disampaikan tamu menjadi masukan bagi Aston Hotel Cirebon untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan setiap departemen terkait.

aston2

 

Mereka juga selama internship diberikan  product knowledge Aston Cirebon Hotel seperti tipe dan jenis kamar, fasilitas meeting room, ball room, meeting package. Pekerjaan PR hotel yang dilakukanantara lain memeriksa kelengkapan amenities kamar yang siap untuk dijual, memeriksa brosure dan flyer di beberapa tempat seperti concierge, guest toilet,membuat mingle report, dan melakukan update social media.

Pengalaman tersebut  meningkatkan kemampuan baik soft skill dan hard skill melalui pekerjaan yang dilakukan. Kemampuan soft skill ditingkatkan dengan belajar mengatur waktu, berkomunikasi dengan tamu dan sesama rekan karyawan, teamwork, planning and organizing. (Editor: Lidya Wati Evelina/FMSCC Marketing Public Relations)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close