photo 1 (5)
13/06. Dihadiri 1500 mahasiswa Strata Satu dan Magister Manajemen Universitas Pamulang Jakarta, Ketua Jurusan Komunikasi Pemasaran Universitas Binus Dr. Ulani Yunus memberikan ceramah ilmiah dengan tajuk Strategi Komunikasi menghadapi Tantangan Bisnis. Tema ini dipilh mengingat bahwa hadirin adalah 70 persennya mahasiswa yang memiliki profesi sebagai pebisnis.
“Dari sudut ilmu manajemen mereka sudah cukup, namun dalam hal strategi komunikasi mereka perlu dibekali”, demikian kata Dr. Sarwani selaku Kaprodi Magister Manajemen Pamulang. Ceramah ilmiah ini dilaksanakan di hari Sabtu 13 Juni 2015 untuk membekali mahasiswa lebih siap dalam menjalankan dan mengantisipasi tantangan bisnis menjelang berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean. “Kami mempercayai Ibu Ulani karena beberapa kali saya telah mendengar ceramah beliau sangat aplikatif dalam dunia bisnis”.
Ceramah diakhiri dengan diskusi interaktif. Salah satu pertanyaan dari mahasiswa adalah bagaimana mengubah tantangan menjadi peluang dalam bisnis. Ulani menjawabnya dengan lugas bahwa dimulai dengan sikap yang melahirkan positive statement yang menular pada lingkungan. Contoh: melihat kota Jakarta yang macet, bukan menjadi hambatan tapi melahirkan jenis bisnis jasa seperti: Go jek. Jasa pengantaran melalui sepeda motor alias ojek. Jasa ini malah membantu mahasiswa Perancis yang sedang exchange di jurusan marcomm Binus University. Selanjutnya Ulani Yunus menyebutkan beberapa contoh kasus nyata lainnya dalam dunia bisnis yang lahir dari tantangan yang menghasilkan peluang, bukannya menjadi hambatan. Berbagai pertanyaan terus mengalir dari peserta namun karena waktu yang terbatas hanya 5 pertanyaan yang berhasil didiskusikan. (Uy).

photo 2 (5)