Jakarta, 06/07. Tim Marketing Communication Binus University  tergabung dalam tim pemantau siaran televisi terkait pemilihan presiden 2014. Tim pemantau yang  terdiri dari perwakilan fakultas komunikasi dari 9 universitas di Jakarta ini bermitra dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DKI untuk memantau berita kampanye. Pengamatan dilakukan terhadap 15 stasiun siaran televisi yang bersiaran di wilayah DKI Jakarta dari 4 Juni hingga 4 Juli 2014.

Pemantauan isi berita kampanye diharapkan dapat memberikan gambaran obyektif terhadap pemberitaan televisi yang selama ini dikhawatirkan tidak netral dan memberikan informasi kampanye pemilu yang layak kepada masyarakat.

Dari penelitian ditemukan bahwa hanya 13.6% siaran yang memberitakan seimbang antara pasangan no 1 dan pasangan no. 2. Sisanya yaitu 47% memberitakan pasangan no 1, dan 39.2% memberitakan pasangan no 2.

 

1

Gambar 1. Perwakilan universitas mitra KPID yang memantau siaran kampanye di DKI Jakarta

 

2

Gambar. 2. Perwakilan Markom Binus DR. Mohamad Aras membacakan hasil penelitian tim Binus